• Jelajahi

    Copyright © SpesialLirikLagu.com - Berita terkini seputar music, film, dan lirik lagu terlengkap
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bikin Single Berjudul 'Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit', Mbah Mijan Sampaikan Maknanya Ada Satu Firasat Dalam Hati

    11/14/21, November 14, 2021 WIB Last Updated 2021-11-13T18:06:55Z

     


    SpesialLirik.com - Mbah Mijan dikabarkan baru saja membikin lagu yang berjudul Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit. Dari lagu yang dibikin, masyarakat Jawa tidak asing lagi dengan judul yang dibuatnya, namun untuk masyarakat luar Jawa memang masih bingung yang dimaksud dengan lagu tersebut.

    Lagu tersebut dibikin oleh Mbah Mijan dengan alasan karena ingin berkarya. Selain itu, ia juga akan menyampaikan makna dari judul tersebut lewat lagu yang dibikinnya. Mbah Mijan juga mengungkapkan bahwa dirinya bikin lagu Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit ini dengan berdua.

    "Makanya saya ingin menyampaikannya melalui lagu. Ini saya harus menyampaikan, karena ada satu firasat dalam hati. Di jaman yang makin modern, orang makin jauh dari Tuhan. Kalimat itu artinya manusia yang terhindar dari segala godaan baik angkara murka, nafsu kekhilafan, dosa dan disitu saya gabungkan jadi sebuah karya. Jadilah sebuah lagu", kata Mbah Mijan saat ditemui di tempat prakteknya Apartemen Modern Land Cikokol Tangerang, Kamis (11/11/2021).

    "Saya berdua, saya mencari teman duet bukan dari suara atau wajah tapi dari aura. Saya seleksi teman dekat yang profesinya penyanyi, saya ketemu dengan Sindy Purbawati, Sinden Roker Indonesia. Dia punya aura mistis digabung sama saya, jadi soul yang tepat Apalagi beberapa lagu yang dinyanyikan dia juga terkesan mistis. Jadi saya pilih pasangan duet ini melalui ritual meditasi karena lagu ini sarat makna", tambahnya.

    1. Bergenre Tradisional

    Lagu Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit ini bergenre tradisional yang di mana lagu bikinan Mbah Mijan mempunyai nuansa musik yang berwarna dari beberapa suku seperti dengan Jawa, Sunda, dan Bali.

    Terlebih lagu yang dibikin Mbah Mijan ini juga digarap oleh aransemen Pancal record yang merupakan produsernya sendiri.

    "Genrenya tradisonal kontemporer, nuansa dibikin benar-benar lengkap. Menggabungkan warna musik Jawa Sunda dan Bali. Ada bumbu rock juga
    Kalau maknanya berpesan bahwa manusia makhluk sempurna, nggak boleh takut dengan setan iblis, disitu saya juga bahas bahwa mahluk halus ini ciptaan Tuhan juga, jangan takut sama mereka. Lagu sangat unik dan beda dari kebanyakan. Gabungan dari musik tradisional kontemporer ini merupakan ajakan untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa, wong jowo ojo ilang jowone", ucap Mbah Mijan.

    "Melibatkan semuanya dalam arti yang berhubungan dengan lagu ini. Penciptanya mas Pancal. Aransemen Pancal Record. Produsernya saya sendiri", imbuhnya.

    2. Tetap Jadi Paranormal

    Mbah Mijan tetaplah jadi sosok paranormal atau praktisi supranatural. Terlebih dengan pembuatan video klip ia memakai nuansa mistis dalam video tersebut dan juga ditambah dengan pemanis nuansa tradisional.

    "Nggak dong. Saya tetap jadi paranormal, praktisi supranatural. Walau begitu tetap pengin berkarya. Dalam darah saya ada keturunan seni. Iseng serius karena saya menyadari bukan penyanyi, suara saya pas pasan, tapi semua orang kan boleh berkarya, termasuk Mbah Mijan. Rencananya rilis November 2021, tanggal masih rahasiakan", ucapnya.

    "Dalam proses penggarapannya. Ada nuansa mistis dalam klip tapi itu hanya untuk bumbu saja karena yang kita suguhkan lebih nuansa tradisional. Kita juga pakai nuansa adat", ujarnya.

    Mbah Mijan sendiri mempunyai harapan setelah membuat lagu dengan khas bahasa Jawa. Ia mengungkapkan bahwa makna arti dalam lagu tersebut bisa dipahami oleh masayarakat.

    "Saya berharap masyarakat bukan menerima dari suara saya, tapi makna yang tekandung di dalam lagu ini.
    Mari kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, jangan takut pada setan dan lainnya. Jangan lupa lestarikan budaya adat tradisi yang sudah dimulai oleh leluhur kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah, mengingat pahlawan dan melestarikan adat tradisi dan budayanya", harapan Mbah Mijan.

    (Mr/Ty)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Film

    +